cara install windows 7/8/10 dengan flashdisk rufusCara Menginstall Windows 7/8/10 dari Flashdisk Menggunakan Rufus

Mainthebest » Download Aplikasi » Tutorial » Cara Menginstall Windows 7/8/10 dari Flashdisk Menggunakan Rufus

Cara Install Windows 7/8/10 dari Flashdisk (Rufus). USB Flashdisk bisa menjadi Pilihan Alternatif instalasi Windows yang normalnya memakai DVD di Komputer dan Laptop, dan bukan hanya itu saja, bahkan memory card ataupun perangkat eksternal lainnya bisa juga. Ada banyak program software yang dapat membantu melakukan tugas ini dengan mudah, salah satunya adalah Rufus. Ini adalah aplikasi yang sangat ringan, dengan ukuran yang mungil bisa mentransfer instalasi Windows dari bentuk ISO dan membuat perangkat eksternal menjadi bootable.

Cara Instal Windows 7 / 8 / 10 dari Flashdisk dengan Rufus

Untuk menginstal windows dari flashdisk dengan Rufus:

  1. Siapkan File Windows berbentuk ISO.
  2. Siapkan Flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 4 GB, rekomendasi 8 GB agar bisa dipakai untuk Windows All-In-One.
    Penting sekali untuk menyimpan file penting sebelumnya dari flashdisk ke tempat lain, karena ini nantinya akan diformat dan dikosongkan.
  3. Transfer file ISO kedalam Flashdisk dan kemudian lanjutkan instalasi Windows yang dijelaskan berikutnya dibawah.

Catatan: Jika File tersebut masih dalam bentuk DVD, maka disarankan mentransfernya menggunakan program lain seperti WinToFlash, dimana aplikasi ini mendukung DVD dan ISO sekaligus.

Transfer ISO ke Flashdisk

Untuk mentransfer file ISO kedalam Flashdisk:

  1. Download Rufus, software gratis yang dirancang untuk memformat dan membuat perangkat eksternal seperti flashdisk atau memory card menjadi bootable, sehingga dapat digunakan seperti normalnya menggunakan DVD. Program ini secara otomatis mengekstrak file ISO dan mentansfer kedalam Flashdisk sehingga dapat dipakai untuk menginstal Windows 7, Windows 8, Windows 10.
    rufus

    Image: Rufus

  2. Jalankan program Rufus.
  3. Masukan Flashdisk ke komputer atau Laptop.
  4. klik “Device” dan pilih lokasi USB Drive Flashdisk yang akan ditransfer file ISO, tapi kalo udah terpasang biasanya terdeteksi otomatis.
  5. Biarkan saja Partition scheme and target system type, File system, Cluster size, dan New Volume Label. Ini berlaku bagi kebanyakan PC rumahan. Bagi pengguna yang berpengalaman dapat mengaturnya khusus buat Booting awal. Jika ada error saat penginstalan, coba ubah dibagian “Partition scheme and target system type”.
  6. Dibawah “Format Options”, terdapat beberapa pilihan pengaturan, tetapi kita dapat membiarkannya secara “default”.
  7. Pada bagian “Create a bootable disk using” Pilih “ISO Image” dan kemudian Klik ikon CD/DVD untuk memilih File ISO yang telah disiapkan. Ini memerlukan waktu beberapa saat agar Rufus dapat memeriksa file ISO yang dipilih.
  8. Klik “Start” untuk memulai format dan mentransfer semua isi dari file ISO kedalam Flashdisk. Klik OK jika muncul Peringatan atau Warning.

Catatan: Tunggulah beberapa menit sampai prosesnya selesai sampai muncul notifikasi “DONE” atau Kembali ke “READY”. Ini tergantung kecepatan PC, setelah itu kita dapat menutup program Rufus jika telah beres dan langsung dapat menggunakan Flashdisk tersebut.

Untuk Melanjutkan instalasi windows pada komputer dan laptop dengan sempurna ikuti petunjuk dibawah ini:

Instal Windows 7

Cara Instal Windows 7

Windows 7 adalah Sistem Operasi yang mendukung multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Sistem ini lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan berbagai jenis program dan perangkat keras PC yang kompatibel.

Instal Windows 8

Cara Instal Windows 8

Windows 8 adalah sistem operasi dengan antarmuka penggunanya yang diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sistem ini di desain untuk dapat digunakan pada perangkat tablet sentuh. Windows 8 merupakan nama dari salah satu versi sistem operasi yang menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD.

Instal Windows 10

Cara Instal Windows 10

Windows 10 adalah Sistem yang dibuat dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna yang pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8. Ini adalah sistem operasi yang populer dan bersaing penggunaannya dengan windows 7. Dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pada perangkat yang tidak ada layar sentuh.

Rate This!rating onrating onrating onrating onrating off Ratings: 4.00 out of 5, 1 votes
loadingratingLoading...