cara kompres videoCara Memperkecil Ukuran Video di PC/Laptop

Mainthebest » Download Aplikasi » Tutorial » Cara Memperkecil Ukuran Video di PC/Laptop
rating onrating onrating onrating onrating off4/5 (1) loadingratingLoading...

Cara Memperkecil Ukuran Video. Tahukah ternyata banyak sekali software yang dapat memproses file multimedia yang paling umum, sumber DVD ataupun BluRay. Aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai pengubah ekstensi file multimedia ke dalam bentuk lain. Ini biasanya digunakan untuk mengkompres ataupun kebutuhan lain yang serupa selama masih enak dipandang. Besar kecilnya sebenarnya relatif yang penting hasilnya bagus.

Daftar Isi:

Aplikasi untuk Memperkecil Ukuran Video

Aplikasi Kompres Video Terbaik
Handbrake adalah aplikasi konversi video multi-platform yang mendukung banyak format yang dirancang untuk dapat berjalan pada beberapa sistem operasi yang berbeda, di antaranya Windows 32 dan 64-bit, Mac OS dan Linux. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat memperkecil ukuran video sesuai dengan resolusi yang diinginkan dan kualitasnya masih terjamin tetap bagus.

Aplikasi ini relatif ringan, gratis, mendukung pengkodean kualitas konstan atau Rata-rata Bitrate yang baik. Hampir semua format video populer yang umum saat ini sudah didukung oleh Handbrake. Yang penting agar diperhatikan yaitu rasio dimensinya harus dibawah aslinya.

Pemutar Video Media Player Terbaik

Cara Kompres Video

Cukup banyak aplikasi untuk mengkompres file video yang dapat digunakan di komputer dan laptop. Namun dari sekian banyak program tersebut salah satunya adalah Handbrake, dimana alat ini melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Untuk mengecilkan atau mengkompres ukuran video:

  1. Download aplikasi Handbrake, silahkan instal di PC. Penginstalannya pun cukup mudah hanya dengan klik next dan seterusnya seperti biasa. Setelah selesai, kemudian buka programnya dan cari file video yang ingin diperkecil ukurannya seperti gambar dibawah ini.
    buka file video

    Image: buka file video memakai handbrake

  2. Setelah membuka filenya, terus tentukan lokasi dari hasil kompresinya, file tersebut akan disimpan di folder yang dikehendaki. Klik “Browse” dan tentukan lokasinya kemudian beri nama file itu sesuai keinginan.
    tentukan lokasi penyimpanan

    Image: Tentukan lokasi penyimpanan

  3. Atur “Presets” menjadi Normal, kemudian atur “Output Setting”, pilih “MP4” dan centang “Web Optimized”. Kemudian ubah resolusi menjadi 360 / 480 / 720, seperti dibawah ini atau lebih kecil dari aslinya yang otomatis muncul.
    tentukan resolusi video

    Image: tentukan resolusi video

  4. Atur “Video Codec” seperti gambar di bawah ini.
    pilihan codec

    Image: pilihan codec

  5. Setelah diatur seperti diatas, sekarang sudah siap untuk mengkompresnya dengan cara klik “Start Encode” yang ada diatas dan proses akan segera berjalan, kemudian hanya tinggal menunggu hasilnya dengan sabar. Kecepatannya tergantung spesifikasi CPU.
    mulai kompres video

    Image: mulai kompres video

VIDEO

Setelah proses selesai, buka folder dan lihat file hasil kompresi di folder destinasi atau lokasi penyimpanan yang sudah ditentukan sebelumnya. Bisa dibandingkan sebelum dan sesudah dikompres dari segi ukuran akan berkurang cukup banyak, hampir 50% atau sekitar itu. Kualitasnya pun masih tetap bagus dan masih dapat diterima.