5 hal yang harus dihindari saat menggunakan android

5 Hal yang Harus di Hindari Saat Menggunakan Smartphone Android

By | Update Terakhir : September 12, 2017

5 hal yang harus dihindari saat menggunakan android

Smartphone Android adalah ponsel cerdas yang sangat populer dan digunakan oleh semua orang hampir di seluruh dunia, bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan penting. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Smartphone android diminati oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek bisa dibilang sudah mengenal dan bahkan memiliki smartphone Android ini. Harganya pun terbilang sangatlah murah, fitur yang diberikan sudah cukup lengkap. Bahkan, bisa dikatakan smartphone Android ini bisa menggantikan penggunaan sebuah laptop atau PC.

Meskipun fitur yang ada di dalam smartphone ini memang cukup keren, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik oleh para pengguna smartphone Android tersebut. Berikut adalah 5 hal yang harus dihindari saat menggunakan smartphone android.

5 Hal yang Harus di Hindari Saat Menggunakan Smartphone Android

1. Menginstall Banyak Aplikasi yang Tidak Perlu (Sembarangan)

Platform Android memiliki begitu banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan. Para pengembang berlomba lomba membuat aplikasi untuk android. Daftar aplikasi-aplikasi tersebut pun sudah tersimpan di dalam satu wadah yang aman bernama Google Play Store. Akan tetapi, kini sudah banyak di internet yang membagikan aplikasi aplikasi android yang unik dan menarik perhatian pengguna secara gratis.

karena aplikasi tersebut memang cukup menarik dan membantu, maka banyak juga user yang mendownloadnya. Hanya saja, aplikasi tersebut tentunya tidak dapat dipercaya keamanannya. Bisa saja aplikasi tersebut dipasang malware atau pun virus berbahaya yang bisa membuat smartphone Anda menjadi rusak serta dicuri data-datanya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menginstall aplikasi, pastikan Anda menginstall aplikasi dari Google Play Store saja dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Tidak memberikan kunci pada smartphone Android

Smartphone android memiliki fitur kunci yang berguna untuk mengamankan data anda. Namun, bagi anda yang  tidak ingin ribet untuk membuka smartphone atau pun anda memiliki masalah dengan ingatan, memang biasanya tidak memasangkan password atau kunci.

Padahal manfaat dari kunci atau password tersebut adalah untuk mengamankan semua data yang ada di dalam perangkat smartphone android anda seperti foto, video, atau pun data pekerjaan Anda. Platform Android sendiri sudah dilengkapi dengan fitur untuk membuat kunci berupa PIN, Fingerprint, atau pun Pola. Dengan ini tentunya smartphone Anda bisa lebih aman untuk digunakan.

3. Bermain Game sambil di cas (charging)

Bermain game di smartphone android memang mengasyikkan karena ribuan jenis game sudah tersedia dan selalu menggoda untuk dimainkan. Aplikasi game memang dikenal boros akan asupan daya baterai dan akhirnya banyak orang yang selalu menancapkan alat charger karena takut kehabisan daya baterai di tengah-tengah permainan yang sedang asik-asiknya.

Banyak diantara pemilik smartphone android yang tidak mengetahui efek buruk yang bisa terjadi pada ponsel ketika melakukan charge sambil dipakai bermain game. Jika sering melakukan hal itu maka efek buruk yang terjadi adalah baterai akan rusak dan menjadi ngedrop alias cepat habis (Cara Mengatasi Baterai Android Ngedrop) bahkan parahnya lagi baterai bisa mengembung. Selain itu RAM pada ponsel akan cepat panas dan berakibat pada kerusakan sistem. Jadi jangan coba coba melakukan hal itu kalau tidak mau baterai smartphone anda rusak.

4. Mengecas di Komputer Umum (Sembarangan)

Salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan para pengguna smartphone saat ini adalah mengisi baterai smartphone di sembarang tempat. Seperti di komputer warnet ataupun laptop orang lain. Hal ini sangat efektif Anda lakukan jika memang Anda lupa untuk membawa Adapter charger smartphone Anda. Dan, cukup dengan kabel data USB universal, maka Anda pun sudah bisa menggunakan port USB PC atau laptop untuk melakukan proses charging smartphone.

Akan tetapi, bahaya yang bisa mengintai saat Anda menggunakan komputer umum untuk mengecas adalah virus atau malware. Bisa saja, sang pemiliki komputer tersebut sudah memasang perangkat untuk para user yang mencolokkan smarpthone miliknya melalui port USB komputer. Sehingga, data-data dari dalam smartphone Anda pun bisa dipindahkan semuanya tanpa sepengatahuan Anda. Jadi pastikan gunakan adapter charger saat ingin mengisi daya baterai smartphone anda atau bawa power bank saat anda bepergian.

5. Menyimpan Data di Penyimpanan Online (Cloud)

Menyimpan data secara online memang menguntungkan karena anda bisa menghemat memory ponsel ataupun memory card anda untuk keperluan lain. Penyimpanan online ini bisa dari pihak platform seperti Android dengan Google Drive, atau pun dari pihak vendor, seperti contohnya Xiaomi dengan Mi Cloud-nya. Dengan adanya penyimpanan online ini, maka Anda pun bisa dengan mudah mengakses data dari smartphone Anda melalui perangkat komputer (PC atau laptop). Misalnya saja setiap gambar atau video dari kamera smartphone Anda otomatis disimpan di dalam cloud.

Namun, berhati-hatilah saat memilih data yang akan disimpan secara online . Pasalnya, hampir semua yang ada di dalam dunia internet itu bisa diretas (Hack) atau pun bisa dihapus oleh pihak pemilik cloud tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada para user. Apalagi kalau data-data yang di retas tersebut sangat penting bagi anda dan bersifat privasi, maka itu akan merugikan anda sendiri. Demikianlah 5 hal yang harus dihindari saat menggunakan smartphone android, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.