tokoh ilmuwan muslim

Tokoh-Tokoh Ilmuwan Muslim (Islam)

By | Update Terakhir : March 9, 2017

tokoh ilmuwan muslim, ilmuwan islam

Ilmuwan Muslim/Islam. Sejak zaman dahulu teknologi sudah dikembangkan oleh para ilmuan. Adapun beberapa tokoh ilmuwan muslim yang berjasa dalam perkembangan teknologi hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa tokoh ilmuwan muslim beserta alat temuannya:

1. Abbas bin Firnas

Abbas bin Firnas yang tahun lahirnya tidak diketahui dan meninggal pada 887 serta tinggal di Cordoba, Spanyol. Ia terkenal karena menciptakan mesin terbang, gelas dari kristal dan planetarium kaca yang lengkap dengan petir dan kilat buatan.

2. Al-Kindi

Al-Kindi lahir sekira 801 di Kufa, Irak meninggal sekira 873. Terkenal karena membuat kemajuan di bidang matematika. Dia mengembangkan geometri lingkaran, musik dan banyak bidang ilmu terutama mengenai batuan dan mineral, serta menerjemahkan buku-buku ke dalam bahasa Arab.

3. Al-Asthurlabiyah

Al-Asthurlabiyah lahir 944 dan meninggal pada 967 tinggal di Aleppo, Suriah tempat lahirnya. Terkenal karena membuat astrolabe yang sangat akurat, alat penting yang menggunakan Matahari dan bintang untuk menghitung waktu dan menunjukkan arah. Dia adalah satu dari sedikit wanita di Peradaban Muslim dengan keahlian ini.

4. Al-Zahrawi

Al-Zahrawi atau Albucasis lahir pada 936 dekat Cordoba, Spanyol dan meninggal pada 1013. Ia terkenal karena menjabarkan lebih daripada 200 peralatan bedah, menulis 30 jilid ensiklopedia, serta merintis penggunaan benang jahit bedah untuk menjahit organ dalam tubuh.

5. Al-Jazari

Al-Jazari tahun lahir dan meninggal tidak diketahui, tetapi ia tinggal di Diyarbakir (sekarang wilayah Turki) dan mengabdi kepada dinasti Artuk antara 1174 hingga 1200. Ia dikenal karena membuat jam dan pompa air, dan merancang alat mekanik seperti poros engkol menggunakan robotika, dan menulis buku petunjuk penemuan, al-Jami’ bain al-‘Ilm wa al-‘Amal an-Nafi’ fi Shina’at al-Hiyal (Kumpulan Ilmu dan Cara Membuat Alat-alat Menarik).

6. Fatimah al-Fihri

Fatimah al-Fihri lahir pada abad ke-9, meninggal pada 880 tinggal di Fez, Maroko. Fatimah terkenal karena menggunakan uang pribadinya untuk membangun Masjid dan pusat pembelajaran di Fez yang kemudian menjadi sedemikian terkenalnya sehingga para calon murid harus melewati serangkaian tes masuk untuk bisa belajar di situ. Perkuliahan hingga kini masih berjalan di Universitas Al-Qarawiyyin.

7. Ibnul-Haitsam

Ibnul-Haitsam atau Alhazen di Eropa lahir tahun 965 di Basra Irak, meninggal pada 1039. Ia terkenal karena melakukan percobaan mengenai cara kerja mata, meletakkan dasar penemuan kamera modern, dan menulis Kitab al-Manazir (Kitab Optika), yang kemudian menjadi dasar ilmu cahaya dan penglihatan.

8. Ibnu Batthuthah

Ibnu Batthuthah lahir pada 1304 di Tangier, Maroko. Ia meninggal sekira 1370. Ibnu Batthuthah berkelana menempuh lebih dari 120.000 km melalui 44 negara masa kini. Ar-Rihlah (Perjalanan), catatan perjalanannya, menjadi satu kumpulan pengamatan terbaik mengenai budaya, adat istiadat, masyarakat, hewan, dan tumbuhan di dunia Zaman Pertengahan.

9. Mimar Sinan

Mimar Sinan lahir pada 1489 di Turki, serta meninggal pada 1588. Ia terkenal karena merancang dan membangun lebih daripada 477 masjid, sekolah, bangunan lain di seluruh penjuru dunia Muslim ketika mengabdi sebagai kepala arsitek untuk Kesultanan Turki Osmani. Dua masjidnya yang paling terkenal adalah Selimiye di Edirne, Turki, dan Suleymaniye di Istanbul, telah bertahan dari gempa selama 400 tahun.

10. Zheng He

Zheng He yang juga dikenal sebagai Cheng Ho dan Haji Mahmud Syamsuddin lahir pada 1371 di Yunnan, kini menjadi provinsi Tiongkok dan meninggal pada 1433. Zheng He terkenal karena menjadi komandan armada kapal kayu terbesar yang pernah dibangun dan mengubah China menjadi negara adidaya dunia dengan melakukan tujuh perjalanan laut yang monumental. Dalam 28 tahun dia mengunjungi lebih dari 37 negara.

11. Jabir bin Hayyan

Jabir bin Hayyan atau Geber di Eropa lahir pada 722 di Persia (kini Iran), meninggal pada 815. Jabir bin Hayyan membuat alat untuk menyempurnakan berbagai proses kimia seperti destilasi, evaporasi, dan kristalisasi, serta menemukan asam sulfat, dan asam klorida.

Demikianlah ulasan mengenai Tokoh tokoh ilmuwan muslim yang sangat berjasa dalam perkembangan teknologi hingga saat ini.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.