speedup android

Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat

By | Update Terakhir : March 10, 2017

speedup android

Cara Mengatasi HP Android yang Lambat. Saat ini perkembangan teknologi Smartphone Android semakin canggih. Ada banyak sekali smartphone yang bermunculan dari berbagai merk ternama yang menawarkan fitur-fitur unik dan keunggulan masing-masing mulai dari peningkatan versi OS android nya, RAM, hingga kualitas camera yang semakin ditingkatkan.

Melihat banyaknya pengguna Android saat ini, tentunya perangkat canggih ini tak lepas dari masalah yang bisa membuat kita merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. Meskipun versi android yang kita miliki adalah versi terbaru dan memliki kapasitas RAM yang cukup besar.

Namun ada kalanya mungkin kita pernah merasakan booting smartphone Andorid kita sangat lama (lemot), loading yang lambat, hang, lag saat bermain game dan lain-lain. Bagi pengguna Android yang aktif tentunya Anda akan merasakan kesal ketika mengalami hal tersebut.

Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Untuk pengguna Smartphone Android yang pernah maupun sering mengalami masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi smartphone Android yang lambat / lemot agar perangkat Anda bisa bekerja lebih baik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi android yang lemot:

1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di hp kita ini akan terus bertambah, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi itu, kita bisa mengantisipasinya dengan menginstal dan menerapkan aplikasi History Eraser atau clean master dari google playstore pada perangkat Android Anda .

2. Hindari Terlalu Banyak Aplikasi Dan Widget

Menginstal aplikasi ataupun widget memang bukanlah suatu masalah pada smartphone android, tetepi jika berlebihan akan menjadi suatu masalah karena apabila terlalu banyak aplikasi dan widget akan menambah beban pada kapasitas RAM sehingga kinerja android menurun dan menjadi lemot serta menguras energi baterai. oleh sebab itu sebaiknya instal aplikasi ataupun widget seperlunya saja.

3. Instal Aplikasi di Memori External

Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan perangkat Android.

untuk mengatasi agar perangkat Android tidak menjadi lambat, maka kita harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal atau micro sd yang ditambahkan pada Smartphone Android. Dengan begitu, memory internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar tersebut dan tidak akan memberatkan waktu loadingnya.

4. Jangan Menumpuk SMS

Banyak sekali pengguna smartphone yang meremehkan tumpukan sms di dalam inbox ataupun outbox mereka, semua sms ini memakan memori ponsel Anda. Jika dibiarkan terlalu banyak maka smartphone Anda akan menjadi lambat. Oleh Karena itu, biasakan untuk menghapus sms lama yang sudah tidak diperlukan lagi secara berkala.

5. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Sering kali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan membutuhkan memory RAM, dan jika kita lupa menutup atau sengaja tidak menutup beberapa aplikasi, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

6. Jangan Menggunakan Tema Launcher

Saat ini banyak sekali tema launcher gratis untuk android di playstore. Tampilan  home screen smartphone kita pun akan terlihat keren setelah memakainya, akan tetapi tema launcher tersebut lumayan banyak menggunakan RAM sehingga walaupun tampilannya keren, kinerja perangkat androidnya menjadi lambat.

7. Kembalikan ke pengaturan awal/pabrik

Jika semua cara sudah dilakukan namun smartphone masih terasa lambat atau lemot, ada baiknya kita kembalikan saja ke pengaturan awal/pabrik, fitur yang berada pada menu pengaturan android . Dengan melakukan itu, semua data serta tampilan akan terhapus dan kembali pengaturan awal seperti saat pertama kali membeli. menggunakan cara ini sebaiknya  memindahkan terlebih dahulu data-data yang penting agar tidak ikut terhapus.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips mengatasi smartphone android yang lambat ataupun lemot. Dengan melakukan beberapa cara diatas, akan membuat smartphone kita menjadi lebih ringan dan kinerjanya pun akan lebih baik.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.