game controller

Tiga Jenis Game Controller

By | Update Terakhir : March 9, 2017

game controller

Game Controller adalah sebuah alat pengendali yang berfungsi untuk mengendalikan suatu karakter atau objek pada permainan video. Sebuah controller biasanya terhubung ke konsol permainan atau komputer melalui sebuah kawat, atau melalui koneksi nirkabel.

Fungsi utama game controller adalah untuk mengatur pergerakan atau tindakan dari tubuh untuk memainkan objek yang ada di dalam sebuah konsol permainan atau komputer. Jenis pengendali yang digunakan dalam permainan tergantung pada genre permainan yang dimainkan.

Tiga Jenis Game Controller untuk Gamers

Dalam controller terdapat Pointing device atau alat penunjuk yang merupakan piranti untuk memilih data/perintah yang muncul di minitor. jika anda adalah seorang gamers tentunya anda sering menggunakan beberapa jenis game controller. Berikut ini adalah 3 jenis game controller yang biasa digunakan untuk gamers dalam bermain game:

1. Joystick

joystick wheel

Image: joystick wheel

Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan ada juga joystick berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tuas dan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.

Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. biasanya perangkat joystick digunakan pada sega dan playstation namun bisa juga diterapkan pada game PC. Kegunaan joystick pun tergantung pada genre game yang dimainkan.

Pada genre arcade atau adventure bisa menggunakan joystick rumble, pada genre racing atau balap mobil bisa menggunakan joystick racing wheel, kemudian jika ingin memainkan game simulasi pesawat terbang bisa menggunakan Joystick Extreme 3D Pro.

2.  Mechanical Keyboard

game keyboard

Image: game keyboard

Keyboard adalah alat input perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah. Keyboard dapat digunakan untuk bermain game pada jenis game PC/komputer. biasanya para gamers menggunakannya untuk game sejenis RPG(role playing game) dan FPS(first person shooter).

Lalu apa itu Mechanical keyboard? Mechanical keyboard atau keyboard mekanikal adalah keyboard yang diciptakan khusus untuk gaming dengan kualitas tinggi menggunakan teknologi spring activated dalam switch keyboard. Mechanical keyboard lebih unggul dalam segala hal (Switch, framing, functionality, type print methods, key construction, PCB board, LED lightning (sharpness, brightness, adjustability).

Kelebihan itu yang membuat para gamers merasa lebih nyaman menggunakannya karena kulaitasnya lebih baik dibandingkan dengan rubber dome keyboard atau keyboard biasa. Namun keyboard biasa pun suduh cukup baik untuk gamers pemula.

3. Mouse Macro

mouse gamers

Image: mouse gamers

Mouse adalah alat/perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor atau memberikan perintah pada komputer. Lalu apa itu mouse macro? Mouse Macro adalah mouse yang memiliki fungsi sama dengan mouse biasa namun diciptakan khusus untuk gaming.

Karena memiliki fitur tombol tambahan yang berguna untuk memindahkan beberapa fungsi tombol keyboard ke dalam mouse macro sehingga mempermudah gamers dalam bermain game. Mouse macro juga biasanya dipakai untuk sejenis game bergenre RPG dan FPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.