test usb stick

Test HIV Menggunakan USB Stick

By | Update Terakhir : March 9, 2017

test usb stick

Test HIV. USB Stick adalah suatu alat atau perangkat media penyimpanan seperti hardisk namun bentuknya kecil. Usb Stick biasanya  digunakan untuk memindahkan suatu file dari satu komputer ke komputer lainnya. Dengan semakin pesatnya kemajuan dalam bidang teknologi, hal itu berdampak juga pada meningkatnya ilmu kedokteran karena kedua bidang ini bisa saling berhubungan satu sama lain.

Tes HIV dengan USB Flashdisk Tester

Di zaman sekarang ini berbagai peralatan medis memiliki teknologi yang canggih. Teknologi tersebut di dalam dunia kedokteran sangat berguna dalam membantu para dokter menyembuhkan pasiennya. Penelitian pun banyak dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi untuk mempelajari lebih lanjut mengenai obat dan hal-hal besar lainnya. Bahkan, perangkat seperti USB stick mampu melakukan tes HIV berkat para ilmuwan.

Para ilmuwan di Inggris telah mengembangkan USB stick yang dapat dengan cepat dan akurat mengukur jumlah HIV dalam darah pasien. USB Stick ini diciptakan oleh para ilmuwan di Imperial College London dan perusahaan teknologi DNA Electronics, USB ini hanya membutuhkan setetes darah untuk mengukur kadar HIV-1.

Kemudian menciptakan sinyal listrik yang dimasukan ke dalam perangkat komputer, laptop, atau perangkat mobile. Tes ini dapat digunakan oleh pasien HIV untuk memantau pengobatan mereka sendiri dan membantu pasien di daerah-daerah terpencil di dunia, di mana tes HIV tidak tersedia di sana.

tester usb

Image: tester usb

Diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, hasil menunjukkan bahwa USB stick ini sangat akurat, dan dapat memberikan hasil kurang dari 30 menit. Tentu aja, cara ini lebih cepat ketimbang menggunakan cara konvensional yang harus melewati beberapa tahap seperti mengirimkan sampel darah ke laboratorium dan kemudian harus menunggu hasilnya terlebih dahulu. Bahkan cara ini memakan waktu hingga 3 hari.

Teknologi ini masih dalam tahap awal pengembangan, akan tetapi dapat digunakan pasien untuk memantau/memeriksa kadar virus HIV mereka yang mirip dengan cara orang-orang penderita diabetes ketika memeriksa kadar gula darah mereka. USB stick ini memiliki akurasi rasio 95% dalam 991 dampel darah yang digunakan dalam tahap pengujian. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam menguji satu sample darah adalah 21 menit.

Meski teknologi ini masih dalam tahap awal pengembangan, namun ini merupakan awal yang baik dalam menciptakan cara lebih mudah bagi kehidupan manusia. Di sisi lain, para ilmuwan kini juga tampaknya tertarik untuk menggunakan metode yang sama dalam mendeteksi virus lain seperti hepatitis.

Demikianlah ulasan mengenai USB Stick yang dijadikan sebagai alat pemeriksaan HIV. Tentunya inovasi ini akan sangat berguna serta efisien bagi dunia kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.