spacex

Roket SpaceX untuk Bepergian Antar Planet

By | Update Terakhir : March 9, 2017

roket spacex

Roket SpaceX. Pernahkah kalian menonton film Star wars atau pun anime Dragon ball GT? pada film maupun anime tersebut, manusia dengan mudahnya berpindah dari satu planet ke planet lainnya dengan pesawat/roket yang canggih. Namun seperti yang kita tahu bahwa itu semua hanyalah fiksi belaka, akan tetapi berpergian antar planet sepertinya akan segera menjadi suatu kenyataan.

Roket buatan SpaceX

Rencana SpaceX membawa manusia ke luar angkasa sepertinya bukan sekadar wacana. Pada sebuah konferensi di Mexico, CEO sekaligus pelopor SpaceX, Elon Musk, membeberkan rencana SpaceX.

Elon menuturkan, perusahaannya sudah mengembangkan sebuah kendaraan sebagai Interplanetary Transport System (ITS). Kendaraan ini yaitu gabungan dari roket terkuat yg pernah dibuat, dengan pesawat luar angkasa yg dirancang buat membawa 100 orang ke Planet Mars bagi setiap penerbangan.

Apabila tahap pengembangannya sesuai rencana, sistem kendaraan yg mampu digunakan dua kali ini bisa membantu manusia bertahan hidup dan membentuk koloni di Mars dalam kurun waktu 50 hingga 100 tahun mendatang.

“Apa yg ingin aku inginkan adalah membuat perjalanan ke Mars menjadi hal yg memungkinkan, dengan membuatnya seakan-akan bisa dikerjakan dan akhirnya hal itu benar-benar mampu dilakukan”, ujar Elon.

Roket ITS bisa dikatakan yaitu versi pengembangan dari Falcon 9 dengan tinggi 70 meter. Sama seperti pendahulunya, roket ini juga mampu digunakan berulang kali dan berfungsi sebagai pendorong buat pesawat luar angkasa. Uji terbang pesawat ulang alik ini rencananya dikerjakan dalam empat tahun ke depan. Pesawat yg pertama terbang ke Mars mulai diberi nama “Heart of Gold”, sesuai dengan nama pesawat yg ada di cerita “Hitchiker Guide to the Galaxy”.

Kendaraan ini mulai didukung oleh 42 mesin Raptor yg diatur dalam beberapa lingkaran konsentris. Mesin anyar ini disebut-sebut tiga kali lebih bertenaga ketimbang generasi sebelumnya. Metana dan oksigen yaitu bahan bakar penting mesin ini.

Ketika semua sistem siap, pesawat mulai terbang setiap 26 bulan, pada saat Mars berada di posisi terdekat dengan Bumi. Penerbangan pertama direncanakan pada awal 2022, dan 100 tahun kemudian, sesuatu juta orang bisa diprediksi bisa memulai kehidupan baru di Mars.

Ia juga menuturkan sistem transportasi ini mampu berjalan beberapa arah. Jadi, saat ITS datang Mars, bahan bakar pesawat mampu diperoleh dari karbon dioksida dan es di permukaan Mars yg bisa dibentuk menjadi metana dan oksigen. Mengingat biaya pengembangan yg begitu besar, Elon membuka pintu pendanaan. Pun demikian, ia sudah menyiapkan strategi awal buat mendanai proyek ini lewat peluncuran satelit dan mengirim kargo atau astronot ke International Space Station.

Demikianlah ulasan mengenai SpaceX yang siapkan roket untuk manusia agar bisa berpergian antar planet. kita tunggu saja apakah wacana tersebut akan terwujud pada tahun 2022 seperti yang telah dikatakan Elon musk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.