motor pertama didunia

Sepeda Motor Pertama Di Dunia

By | Update Terakhir : March 9, 2017

Sepeda Motor adalah kendaraan bermesin roda dua sekaligus sebagai alat transportasi yang sering kita gunakan untuk menempuh perjalanan dekat maupun jauh. Mengggunakan motor saat berpergian sangatlah nyaman dan efisien bagi masyarakat yang ingin pergi ke kantor, sekedar jalan jalan atau pun touring.

Saat ini motor sudah banyak beredar dan berkembang di seluruh dunia, mulai dari bentuk dan tampilannya bervariasi serta mesinnya yang semakin canggih sehinggga motor menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat. Sepeda motor memiliki banyak jenis nya, mulai dari motor sport, motor bike sport/standard, motor trail, motor cruiser, motor, moped/bebek, dan motor matic. semua jenis itu juga sangat pupuler di Indonesia.

motor pertama didunia

Tapi tahukah kamu motor pertama di dunia? Motor untuk pertama kali nya di rakit di negara Jerman pada tahun 1885 oleh seorang ahli mesin Jerman bernama Gottlieb Daimler.

gottlieb daimler

Image: gottlieb daimler

Pria kelahiran Schorndorf 17 Maret 1834. Sedangkan perancang sepeda motor sudah dimulai oleh Ernest Michaux seorang berkebangsaan Perancis pada tahun 1868. Gottlieb Daimler menciptakan sepeda motor dari hasil pengembangan mesin 4 tak yang diciptakan oleh bosnya Nicoulas Otto bersama rekannya bernama Wilhelm Maybach.

Mereka berdua mengembangkan mesin empat tak tersebut menjadi silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Keduanya pun kemudian menciptakan karburator untuk mencampur bensin dan udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin. Dari sinilah awal mula, lulusan Polikteknik Stuttgart itu menciptakan mesin baru dengan bahan bakar bensin.

Hingga pada akhirnya, Gottlieb Daimler yang ketika itu dibantu rekannya, Wilhelm Maybach berhasil memasang mesin dan karburator pada sepeda, yang kemudian disebut Motor Pertama Di Dunia.

gottlieb daimlers motorcycle

Image: gottlieb daimlers motorcycle

Pada tahun 10 November 1885, sepeda motor tersebut diuji coba pertama kali oleh putra Gottlieb Daimler bernama Paul, dari Kota Cannstatt menuju kota Untertukhem, Jerman dengan jarak tempuh 8 mil atau sekitar 12,8 km. Percobaan tersebut cukup sukses. Motor yang diuji oleh putra Daimler, Paul sampai ke tujuan meski mesin panas yang membuat perjalanan Paul kurang nyaman dan kurang sempurna.

Dari uji coba tersebut, Daimler dan Maybach memperbaiki dan terus mengembangkan mesinnya hingga motor tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Sepeninggal Daimler pada tahun 1900, Maybach meneruskan inovasinya dengan mengembangkan mesin yang kini berbuah menjadi mobil Mercedez. Selain sepeda motor, Daimler dan Maybach menjadi perintis dalam terciptanya mobil-mobil mewah yang kini dinikmati banyak orang.

Demikianlah awal mula serta penemu terciptanya motor pertama di dunia yang sampai saat ini terus berkembang menjadi suatu kebutuhan masyarakat sebagai alat transportasi yang fleksibel.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.