sejarah perkembangan tv

Sejarah dan Perkembangan TV di Dunia

By | Update Terakhir : March 8, 2017

sejarah tv, perkembangan televisi

Sejarah dan Perkembangan TV. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan TV (televisi) yang merupakan media telekomunikasi terkenal di dunia sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom atau hitam-putih maupun berwarna.

Televisi berfungsi untuk menerima informasi serta sebagai sarana hiburan keluarga. Tapi tahukah kamu siapa penemu televisi pertama? penemu televisi pertama adalah John Logie Bair

john logie baird

Image: john logie baird

Penemu TV

John Logie Baird adalah seorang insinyur asal Skotlandia. Dia adalah anak bungsu dari keempat saudaranya. Sebagai anak laki-laki masa kecilnya terbilang kerap bereksperimen dengan alat elektronik. Baird pernah mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa teknik di Universitas Glasgow dari 1914 hingga 1915, hingga akhirnya diberhentikan dari masa studinya. Ia pun mencoba mendaftar secara sukarela di national service pada 1915, tetapi ditolak lantaran alasan kesehatan.

Hingga akhirnya Baird membuat televisi mekanik yang cara kerjanya adalah memindai gambar dan menghasilkan sinyal video melalui cakram berputar dan berlubang, atau cermin yang berputar. Pelopor asal Skotlandia itu membantu mengubah dunia dengan menjelaskan bagaimana sistem televisi bekerja dan manfaatnya televisi di masa depan.

Ketika itu orang mulai bereaksi terhadap penciptaan John Logie Baird. Itu adalah demonstrasi publik pertama dari televisi hidup yang menciptakan gambar dengan menggunakan pemindaian elektronik. Pada 1924, Baird berhasil mengirimkan gambar berkedip di jarak 10 kaki dan tahun berikutnya memiliki terobosan ketika berhasil menangkap gambar TV dengan cahaya dan bayangan.

Dia terus mendominasi inovasi TV selama tiga dekade setelah 1926 untuk TV display. Baird terus mengembangkan TV mekanik dan pada 1927 dia mulai mengirim konten di saluran telepon panjang 438 mil antara London dan Glasgow.

baird tv

Image: baird tv

baird tv

Image: baird tv

Pada 1928, Baird kembali ke University of Glasgow, dengan memberikan kuliah umum mengenai ‘Televisi’ kepada mahasiswa Teknik. Selama kuliah umum, dia menjelaskan bagaimana proses televisi bekerja, mengatasi kesulitan hingga memanfaatkan sistem nirkabel televisi dan menyatakan keyakinan bahwa televisi akan segera memiliki kepentingan komersial.

Lanjut itu, Baird mengembangkan TV warna dan dibawa keluar pertama di dunia yang kemudian televisi diproduksi secara massal pada 1929. Sejak saat itu sampai 1937 stasiun televisi radio di Britania Raya yakni BBC menggunakan perusahaan Baird untuk siaran televisi tersebut.

Baird melanjutkan untuk mengatur Television Development Company, yang memproduksi siaran transatlantik pertama dan siaran langsung pertama dari Epsom Derby.

Hingga akhirnya Baird meninggal pada 14 Juni 1946 di Bexhill-on-Sea, East Sussex, setelah menderita stroke pada usia 58 tahun. Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi pun berkembang hingga saat ini dengan fitur yang semakin canggih. Berikut ini beberapa perkembangan televisi dari dulu hingga sekarang :

Perkembangan Televisi Dari Masa Ke Masa

Televisi Tahun 1940 an

tv 1940

Image: TV tahun 1940

Televisi Tahun 1950 an

tv 1950

Image: TV tahun 1950

Televisi Tahun 1970 an

tv 1970

Image: TV tahun 1970

Televisi Tahun 1980 an

tv 1980

Image: TV tahun 1980

Televisi Tahun 1990 an

tv 1990

Image: TV tahun 1990

Televisi Tahun 2000 an sampai sekarang

tv 2000

Image: TV tahun 2000

tv layar datar

Image: TV Layar Datar

lcd tv

Image: lcd tv

led tv

Image: led tv

Demikianlah sejarah televisi dan beberapa perkembangan televisi dari dulu sampai sekarang. Tidak hanya bentuknya saja yang berubah tetapi kualitas serta fitur fiturnya pun semakin canggih dan memanjakan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.