internet ilustration

Pengertian Internet

By | Update Terakhir : March 9, 2017

internet ilustration

Internet adalah kependekan dari (interconnection-networking) yaitu seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sebagian besar penduduk dunia kini telah menggunakan internet, bahkan bisa dikatakan hampir semua orang khususnya di perkotaan telah mengenyam akses internet. Namun memang masih banyak masyarakat di berbagai belahan dunia yang masih belum bisa menikmati akses internet, yang penyebabnya antara lain karena daerah yang terlalu jauh untuk dijangkau jaringan internet, kurangnya perhatian dari pemerintah setempat, dan masih banyak lagi.

Sejarah Internet

Tahukah Anda? Sejarah Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer pada tahun 1960. Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi yang memiliki hubungan timbal balik, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Lalu apa itu internet?

Perkembangan yang saat ini dialami dunia internet sangatlah pesat. Bagaimana tidak, yang tadinya hanya bisa dinikmati orang-orang tertentu saja dan fungsinya pun terbatas, kini semua orang bisa menggunakannya tanpa terkecuali dengan akses informasi yang jauh lebih luas dan fungsi yang lebih beragam.

Dengan adanya internet, akses informasi menjadi begitu cepat bahkan seolah tak berbatas dan berjarak lagi. Dampak positif internet ini ikut merubah pola interaksi di dalam masyarakat. Tak terbilang berapa dampak positif atas keberadaan internet ini. Meski harus diakui terdapat segelintir dampak negatif juga.

Tapi apapun itu, internet telah lebur di dalam kehidupan masyarakat dan menambah kualitas yang tak ternilai. Tahukah Anda siapa penemu internet? Hampir semua orang memakai jaringan internet dalam mempermudah kehidupan mereka namun tak semua orang mengenal siapa tokoh yang berjasa menemukan internet tersebut. Boleh jadi Anda salah satunya.

Leonard Kleinrock

kleinrock

Image: Leonard Kleinrock

Leonard Kleinrock adalah tokoh atau ilmuan yang dijuluki sebagai bapak internet. Leonard Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di kota New York, Amerika Serikat. Ia memiliki ketertarikan yang cukup besar dalam dunia teknologi. Ketertarikannya tersebut membawanya masuk ke salah satu sekolah yang ada di Amerika Serikat, yang fokus dalam dunia teknologi, yaitu Bronx High School of Science pada tahun 1951.

Di sekolah tersebut, Leonard Kleinrock mengasah bakatnya dalam dalam bidang teknologi, tidak jarang ia sering melakukan percobaan-percobaan pada jaringan komputer yang terdapat pada sekolahnya tersebut hanya untuk mengasah bakatnya. Lulus dari Bronx High School of Science, Leonard Klienrock melanjutkan studinya di City College of New York, ia mengambil jurusan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Pada tahun 1957, ia menerima gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari City College of New York.

Pada tahun 1959 dan tahun 1961, Leonard Klienrock membuat sebuah makalah yang berisi merupakan pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi. Setelah lulus dari City College of New York, Leonard Klienrock melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu program master. Ia masuk ke Institut Teknologi Massachusetts dengan mengambil bidang yang sama dengan sebelumnya, yaitu Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Pada tahun 1963, ia berhasil lulus dan menerima gelar master dan doktor (Ph.D.).

Menemukan Internet

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Leonard Kleinrock bergabung dalam jajaran pengajar di Universitas California Los Angeles (UCLA). Di sana ia ketertarikannya pada sistem jaringan komputer semakin terasa. Di sana ia menjadi profesor ilmu komputer pada jurusan Teknik dan Sains Terapan. Dari tempat inilah penemuan terbesarnya Internet lahir.

Leonard Kleinrock sudah memulai menemukan dan mengembangkan internet pada saat ia masih kuliah. Tepatnya saat ia sedang menjalani program masternya di Institut Teknologi Massachusetts. Ia menulisnya dalam sebuah makalah tentang ilmu jaringan komputer yang pada akhirnya makalah tersebut menjadi konsep dasar dari internet.

Dalam makalah tersebut ia memaparkan tentang kemungkinan adanya pertukaran paker data antara satu perangkat komputer ke komputer yang lain melalui sebuah jaringan besar yang bersifat global. Pada saat itu ia masih belum menemukan tekniknya, tapi saat ia masuk ke UCLA barulah ia berhasil menemukan teknik pemecahan paket data digital yang bisa dikirimkan lewat sebuah jaringan komputer.

Arpanet adalah  jaringan komputer yang dibuat oleh Advanced Research Project Agency (ARPA) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, yang difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya. Pesan pertama Arpanet dikirim oleh UCLA, mahasiswa programer Charley Kline, pada tanggal 29 Oktober 1969. Ia dibimbing oleh Leonard Kleinrock melakukan transmisi pertama menggunakan teknologi jaringan yang diberi nama Internet.

Pada saat itu, mereka sedang melakukan sebuah transmisi dari UCLA ke Stanford Research Institute yang juga merupakan tempat pengembangan program Arpanet. Pada awalnya ia berencana untuk mengirim transmisi sebuah kata, yaitu “LOGIN”, namun sambungan ini hilang tepat sebelum huruf “G”, jadi hanya 2 huruf yang terkirim, yaitu “LO”, yang muncul pada layar di Standord Research Institute, dengan jarak 314 mil.

Walau percobaan pertama tersebut masih gagal, tapi Leonard Kleinrock senang karena ia telah berhasil melakukan transmisi jarak jauh lewat jaringan komputer pertama kali di dunia.

Semenjak setelah dilakukan percobaan pertama tersebut, pengembangan Arpanet semakin dioptimalkan bahkan mendapatkan tanggapan luar biasa dari pemerintah lewat sebuah program, yaitu National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Pada tahun 1988, Leonard Kleinrock menjadi ketua kelompok jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS.

Leonard Kleinrock berhasil mendapatkan beberapa penghargaan atas dedikasinya terhadap dunia internet. Pada tanggal 29 September 2008, ia menerima penghargaan Nasional of Sciense, sebuah kehormatan ilmiah bangsa dari Presiden George W.Bush di Gedung Putih dan juga mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science atas teori matematika jaringan data modern, dan spesifikasi fungsional switching paket.

Demikianlah ulasan mengenai Penemu serta sejarah awal munculnya internet. Dunia jauh lebih mudah dengan keberadaan internet, karena itu tak ada salahnya berterimakasih pada tokoh jenius bernama Leonard Kleinrock ini bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.