Sedric, Konsep Mobil Canggih Tanpa Supir

By | Update Terakhir : March 31, 2017

Image : Sedric (Self Driving Car)

Sedric (Self driving car) adalah sebuah mobil yang bisa melaju otomatis tanpa menggunakan supir. Konsep mobil ini di buat Volkswagen di perusaahaan otomotif Wolfsburg, Jerman. Saat mengendarai Sedric, kita tidak perlu berada di depan kemudi, kita hanya perlu berkendara sembari duduk bersantai menonton film kesukaan.

Sebagaimana konsep awalnya sebagai mobil tanpa supir, tampilan kemudi Sedric juga tak seperti mobil yang kita kenal sekarang. Cuma ada tiga tombol yakni, Go, Stop, dan Call Operator, untuk mengoperasikan dan mengendalikan mobil ini. Agar bisa menggunakan Sedric, Kita harus memiliki universal ID yang dapat memanggil Sedric dengan sentuhan tombol, mampu berbicara dengan mobil dalam bahasa alami untuk membahas hal-hal seperti lalu lintas, rute atau pemberhentian otomatis.

Kaca depan Sedric pun bukan hanya kaca untuk menikmati perjalanan, tetapi juga merupakan layar OLED untuk menonton film atau menemukan hal-hal baru dengan augmented reality. Sedric begitu mewah dengan empat kursi yang berhadapan, serta ruang untuk membawa koper dan tas di dekat kursi dalam mobil itu sendiri.

Ruang kabin Sedric memiliki konfigurasi 2+2. Ini mungkin lebih tepat sebagai ruang meeting kecil dibandingkan sebuah interior mobil. Yang juga menarik adalah penempatan pemurni udara di belakang jok penumpang, kemurniannya dibuktikan dengan ditempatkan beberapa tanaman tepat di balik kaca belakang. Sedric memakai bahan bakar listrik 60.000 watt dan diklaim mampu menempuh jarak hingga 400 km hanya dengan sekali pengisian daya. Cukup irit secara konsep perhitungan rasio bahan bakar.

Agar mobil bisa beroperasi sendiri, Volkswagen membenamkan sejumlah radar, kamera, dan sensor Lidar. Total, ada empat Lidar yang terpasang pada atap untuk mendapatkan sudut pandang yang uas dan adapula Lidar yang dipasang pada bumper. Sedric bukan hanya sebatas kendaraan. Sebab, mobil ini dirancang sebagai teman bepergian. Sebuah teknologi kecerdasan buatan memungkinkan penumpangnya berdiskusi soal rute tujuan, waktu tempuh, dan situasi lalu lintas dengan mobil.

Walaupun masih sekadar konsep, Volkswagen menjanjikan akan lebih banyak membangun fitur Sedric menjadi lebih baik. Masih banyak ide-ide yang bisa diterapkan untuk Self Driving Car seperti Sedric ini. Demikianlah ulasan mengenai sedric, konsep mobil canggih tanpa supir ini. berikut adalah video official dari Volkswagen :

Video: Sedric

Leave a Reply

Your email address will not be published.