robot rubik

Robot ini Berhasil Menyelesaikan Rubik dalam Waktu 1 Detik

By | Update Terakhir : March 31, 2017

robot rubik

Rubik adalah salah satu permainan yang ditujukan untuk mengasah otak. Namun saat ini, rubik tak hanya digunakan oleh manusia. Robot pun ternyata tak mau ketinggalan dalam berpartisipasi untuk bermain rubik. Namun tentu saja tujuan dari para robot untuk bermain rubik bukanlah untuk mengasah otak, melainkan untuk menciptakan rekor.

Sebelumnya, rekor menyelesaikan rubik tercepat di dunia dipegang oleh Lucas Etter. Seorang pemuda berusia 14 tahun berhasil menyelesaikan rubik 3 x 3 hanya dalam waktu 4,9 detik. Kini, rekor itu telah direbut oleh robot buatan Jay Flatland dan Paul Rose. Dua insinyur software ini berhasil membuat robot yang dapat menyelesaikan rubik dalam waktu 1 detik.

Duo Jay Flatland dan Paul Rose adalah salah satu contoh pencipta robot yang ingin membuat rekor pemecahan teka-teki rubik dalam waktu yang super singkat. Mereka pun kini telah berhasil membuat robot yang mereka inginkan. Hasilnya, robot itu ternyata bisa menyelesaikan teka-teki rubik dalam waktu satu detik.

Kedua orang ini pun tengah mengajukan proses pemecahan rekor dunia. Dan menilik pada video di YouTube, rekor dunia penyelesaian rubik pun bisa bakal dengan mudah diraih oleh robot milik Flatland dan Rose. Hal ini mengingat rekor dunia penyelesaian rubik oleh robot adalah 3,253 detik.

Dalam video YouTube tersebut, robot ini pun diperlihatkan mampu menyelesaikan rubik dalam waktu yang super singkat. Dalam beberapa percobaan, nampak pula kalau kinerja robot ini sangat konsisten. Mulai dari menyelesaikan rubik dalam waktu 1,196 detik, lalu muncul angka 1,152 detik dan yang terakhir, robot ini mampu menyelesaikan rubik dalam jangka 1,019 detik.

Pergerakan robot ini juga begitu cepat lantaran telah disematkan motor stepper yang dikombinasikan dengan frame printer 3D, dan 4 buah USB webcam. Jadi, ketika semua peralatan ini dihubungkan ke PC, Jay dan Paul tinggal mengatur algoritmanya supaya rubik dapat diselesaikan dalam waktu 1 detik.

Selain itu, rubik yang digunakan sedikit dimodifikasi agar bisa digerakkan oleh robot, yakni dengan pembuatan empat lubang pada bagian tengahnya. Berikut ini adalah video robot Jay Flatland dan Paul Rose saat menyelesaikan rubik dalam 1 detik:

Video: Robot menyelesaikan rubik dalam 1 detik

Demikianlah ulasan mengenai Robot yang berhasil menyelesaikan rubik dalam waktu 1 detik dan sungguh luar biasa mampu mengalahkan rekor manusia dalam menyelesaikan rubik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.