tips mengatasi hang

Cara Mengatasi Hang dan Lag Saat Bermain Game

By | Update Terakhir : March 10, 2017

tips mengatasi hang

Cara Mengatasi Hang dan Lag. Saat bermain game mungkin Anda pernah mengalami hang atau lag yang terlalu lama yang membuat anda kesal karena sedang asyik-asyik bermain. Bukannya kembali masuk dan melanjutkan gamenya, akan tetapi, kita akan mendapatkan pesan crash atau error, sehingga game tertutup. Kalau gamenya belum disave pasti lebih menyebalkan. Untuk meminimalisir resiko crash atau game keluar sendiri, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut:

1. Pastikan  game tersebut sesuai dengan requirements PC atau laptop Anda

system requirements

Image: system requirements

Game-game jaman sekarang ini memang sudah semakin bagus dan keren untuk segi grafisnya. Karena hal itu pula pihak developer pasti sudah menguji atau mengetest setiap game yang telah dikeluarkannya pada berbagai perangkat.

Testing tersebut bermaksud untuk mendapatkan spesifikasi hardware yang cocok untuk memainkan game tersebut. Maka dari itu, jika Anda ingin membeli sebuah game ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu spesifikasi requerments yang pasti include pada setiap game tersebut.

Spesifikasi requirements yang ditampilkan tersebut hanya pada batas mode normal dan juga minimal saja. Jika spesifikasi PC atau laptop Anda berada di bawah batas minimumnya maka sebaiknya jangan mainkan game tersebut. Tapi, kalau menurut Anda hardware PC Anda di atas dari spesifikasi yang direkomendasikan, maka Anda bisa mensetting grafisnya pada level high atau epic.

2. Pastikan Anda telah menginstall file-file pendukung sistem untuk Windows

microsoft visual c

Image: microsoft visual c

directx 12

Image: directx

netframework

Image: netframework

Ada beberapa game yang memang tidak bisa bermain atau selalu mengalami crash saat memainkannya. Lalu pesan crash muncul tersebut biasanya karena file dll is missing atau corrupt. Untuk memperbaiki hal tersebut, maka ada baiknya Anda menginstall file-file pendukung untuk sistem operasi Windows agar tidak mengalami crash saat sedang bermain game. File-file yang umumnya diminta oleh game tersebut ada pada daftar program berikut ini:

  • Microsoft Visual C++ 2005, 2008, 2010, 2012, 2013, 2015
  • DirectX terbaru
  • Net Framework (Microsoft Dotnet) terbaru

Semua file-file di atas itu gratis bisa Anda download dari halaman Microsoft langsung, atau bisa juga mencari pada halaman pencarian Google. Pastikan program-programnya sesuai dengan tipe Windows yang Anda gunakan (32 bit atau 64 bit).

3. Pastikan driver VGA card Anda terupdate

display driver

Image: display driver

VGA adalah hal terpenting untuk bisa bermain game dengan lancar. Untuk itu, crash yang biasanya dialami ini sebagian besar pula disebabkan karena VGA card yang belum diperbaharui.

Untuk meminimalisir gangguan atau crash saat bermain game ini, maka ada baiknya Anda memastikan driver VGA Anda terupdate ke versi terbarunya. Setiap tipe atau merek VGA sudah menyediakan fitur auto update untuk setiap hardwarenya sendiri, jadi tidak perlu repot lagi mencari update terbarunya.

4. Gunakan sistem operasi yang sesuai dengan rekomendasi game tersebut

operating system windows

Image: operating system windows

Seperti yang telah Saya bahas pada point pertama yaitu mengenai requeirements sistem operasinya. Bukan hanya hardware saja yang harus disesuaikan dengan rekomendasi game tersebut.

Anda juga harus memperhatikan sistem operasi dan software yang diinginkan. Tapi jika Anda sudah menginstall sistem operasi Windows terbaru seperti Windows 10 dengan DirectX 12, maka Anda tidak perlu ragu untuk memainkan game-game tersebut. Dan pastikan pula yang Windows Anda gunakan sudah 64 bit. Pasalnya, game-game terbaru sekarang memang merekomendasikan sistem 64bit.

Demikianlah beberapa tips agar PC anda tidak hang dan lag saat bermain game. Pastikan spesifikasi PC anda memenuhi syarat game yang anda mainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.