planet jupiter

Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter

By | Update Terakhir : March 11, 2017

planet jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya dan juga planet terdekat kelima dari Matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Jupiter merupakan raksasa gas dengan massa seperseribu massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya. Planet ini dan raksasa gas lain di Tata Surya (yaitu Saturnus, Uranus, dan Neptunus) kadang-kadang disebut planet Jovian atau planet luar.

Jupiter telah dikenal oleh para astronom sejak zaman kuno, dan dikaitkan dengan mitologi dan kepercayaan religius banyak peradaban.  Saat diamati dari Bumi, magnitudo tampak jupiter dapat mencapai −2,94, yang cukup terang untuk menghasilkan bayangan, dan juga menjadikannya objek tercerah ketiga di langit malam setelah Bulan dan Venus, walaupun Mars dapat menyaingi kecerahan jupiter pada saat tertentu. Jupiter memiliki banyak keunikan yang mengejutkan dibanding planet lainnya.

Fakta Planet Jupiter

Berikut adalah fakta mengejutkan mengenai planet raksasa Jupiter:

1. Bintik merah di Jupiter merupakan badai yang berukuran lebih besar dari bumi.

Bintik merah ini merupakan salah satu ciri khas Jupiter yang sudah ditemukan selama setidaknya 300 tahun. Meskipun bintik merah nampak kecil dibanding ukuran Jupiter, tapi badai ini dapat dengan mudah menelan bumi saat melewatinya.

2. Jupiter adalah planet yang berotasi paling cepat.

Jupiter hanya memerlukan waktu kurang dari 10 jam (9 jam dan 55 menit) untuk melakukan rotasi. berbeda dengan bumi yang membutuhkan waktu rotasi selama 24 jam.

3. Jupiter memiliki lebih dari 60 bulan.

Jupiter dikatakan memiliki lebih dari 60 bulan karena belum diketahui persis berapa bulan yang sebenarnya dimiliki Jupiter. Selain bulan, berbagai asteroid juga mengorbit Jupiter akibat terperangkap gravitasinya yang kuat.

4. Jupiter juga memiliki cincin.

Planet bercincin umumnya identik dengan Saturnus. Kenyataannya, semua planet Jovian (harfiah: planet yang seperti Jupiter) sebenarnya memiliki cincin. Hanya saja, cincin yang dimiliki Jupiter amat samar sehingga sulit terlihat bahkan dengan teleskop sekalipun.

5. Jupiter memiliki gravitasi yang paling kuat diantara planet lainnya.

Diantara semua planet, Jupiter memiliki tarikan gravitasi paling kuat. Kekuatan gravitasi rata-rata di permukaan Jupiter lebih dari 3 kali gravitasi bumi.

6. Jupiter menghasilkan radiasi sendiri.

Planet dan benda angkasa bisa terlihat dari bumi karena memantulkan cahaya (radiasi) matahari. Sebagian besar planet mengandalkan cara ini agar bisa terlihat.

Namun hal ini tidak berlaku untuk Jupiter, Jupiter mampu memancarkan energi (radiasi) sendiri. Penjelasannya, Jupiter sebenarnya mengalami penyusutan dan seiring prosesnya melepaskan energi gravitasi.

7. Medan magnet Jupiter 14 kali lebih kuat dari medan magnet bumi.

Karena medan magnet yang kuat, aurora cerah akan terlihat di Jupiter saat menggunakan peralatan yang tepat.

8. Ganymede merupakan bulan terbesar di Jupiter sekaligus di seluruh tata surya.

Untuk rekor paling besar Jupiter memang juara sejati. Tidak hanya menjadi planet terbesar, bulan terbesar yang dimiliki Jupiter juga merupakan yang terbesar di tata surya.

9. Jupiter bisa terlihat tanpa menggunakan teleskop.

Tidak hanya bisa dilihat langsung pada langit malam yang cerah, Jupiter juga merupakan salah satu obyek paling terang di langit.

10. Jupiter pernah ditabrak sebuah komet.

Belum pernah sebelumnya para ilmuwan menyaksikan secara langsung sebuah planet yang ditabrak komet. Pecahan komet Shoemaker-Levy 9 teramati menabrak Jupiter yang menghasilkan titik gelap di daerah benturan. Dengan kecanggihan teknologi dan penelitian, saat ini ilmuwan mampu untuk mengetahui sesuatu yang berada jauh dari bumi dan menambah wawasan serta pengetahuan kita. Demikianlah ulasan mengenai fakta mengejutkan tentang planet Jupiter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.