upload file ke google drive

Cara Menyimpan File Di Google Drive Lewat HP

By | Update Terakhir : March 24, 2017

upload file ke google drive

Cara Menyimpan File Di Google Drive. Google drive adalah salah satu penyimpanan online yang bisa dipergunakan untuk berbagi file dalam kapasitas yang lumayan besar. Dengan menyimpan data online di google drive, file kita akan jauh lebih aman dibandingkan disimpan di memory card, flashdisk atau pun hardisk.

Kita tidak perlu takut rusak atau kehilangan file karena file akan tersimpan dengan sangat aman asal kita tidak lupa akun gmail kita dan juga google drive di enkripsi dengan protokol keamanan SSL (HTTPS).

Untuk batasan upload dari google drive itu mencapai 15GB per satu akun. Jadi ketika anda mengupload file pastikan file yang anda upload tidak berlebihan. Berbeda dengan penyedia penyimpanan file lainya, google drive lebih simple dan mudah untuk digunakan serta mudah untuk mendownload. Adapun file yang dapat diunggah itu bermacam-macam seperti:

Audio dan Video: 3gp, MP3, MP4, MKV, WebMV dan sebagainya.
Aplikasi: apk, exe dan lain-lain.
File teks: PDF, exel, doc, dan file teks lainnya.

Cara Menyimpan File Di Google Drive

File file tersebut bisa anda upload di google drive sebanyak mungkin sampai batas 15 GB. Berikut ini adalah cara menyimpan file di google drive lewat HP:

Metode 1

  1. Biasanya pada HP atau smartphone android terbaru sudah terpasang aplikasi google drive. Jika belum punya aplikasinya bisa anda download play store. Pertama-tama buka aplikasi google drive di hp anda lalu tap icon tanda tambah pada lingkaran biru di pojok kanan bawah.

    google drive

    Image: drive saya

  2. Kemudian pilih upload seperti pada gambar di bawah ini.

    uploadfile

    Image: upload file

  3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan pilih atau cari file yang ingin anda upload untuk disimpan.

    pilih file drive

    Image: pilih file drive

  4. Setelah memilih file yang akan di simpan, maka file akan di upload secara otomatis seperti pada gambar di bawah ini.

    file didrive

    Image: file google idrive

  5. Setelah selesai proses upload jika suatu saat kita membutuhkan file tersebut, anda bisa mendownloadnya dengan mudah.

    download file drive

    Image: download file drive

Metode 2

Jika anda tak ingin ribet mendownload aplikasi google drive, anda bisa melakukan cara lain yaitu dengan menggunakan aplikasi browser di HP anda.

  1. Pertama-tama buka aplikasi browser pada HP anda, bisa dengan Chrome, Mozilla firefox, atau pun dengan browser bawaan HP anda. Kemudian buka link drive google di browser dan masukan akun email gmail anda.

    signin drive

    Image: sign in ke google drive

  2. Kemudian anda akan masuk pada akun google drive anda lalu lakukan tap pada tombol baris menu yang berbentuk 3 baris horizontal yang terletak pada pojok kiri atas seperti pada gambar di bawah ini.

    berkas file

    Image: berkas file

  3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibwah ini dan pilih versi desktop. karena jika tidak memilih versi desktop maka tidak akan ada fitur upload file pada versi mobile.

    versi desktop

    Image: versi desktop

  1. Dengan memilih versi desktop maka tampilan layar akan berubah seperti pada tampilan PC atau laptop. kemudian tap button BARU lalu pilih Upload file.

    upload file baru

    Image: upload file baru

  2. Setelah itu pilih file yang ingin disimpan di google drive anda.

    buka google drive

    Image: buka dari google drive

  3. Kemudian proses upload akan dimulai setelah selesai memilih file yang akan disimpan di google drive.

    upload file drive

    Image: upload file

Dengan menyimpan file anda di google drive, maka anda akan lebih menghemat memory card anda dan bisa digunakan untuk keperluan lain. Demikianlah ulasan mengenai cara menyimpan file di google drive lewat HP.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.