mengunci jaringan 4g samsung galaxy j1 mini

Cara Mengunci Jaringan 4G Android

By | Update Terakhir : November 30, 2017

mengunci jaringan 4g

Jaringan 4G, akhir-akhir ini telah menjadi sebuah tren baru dalam dunia internet saat ini, pasalnya ketika jaringan 3G dan HSPDA+ yang digadang-gadang koneksi internet tercepat ternyata pada kenyataannya sekarang menjadi lemot juga. Hingga kemudian munculah sebuah koneksi terbaru yaitu 4G yang kecepatannya lebih cepat daripada 3G. Namun belum semua daerah di Indonesia  terjangkau oleh jaringan 4G

Kelambatan koneksi internet di Indonesia masalahnya cukup rumit dan klasik, faktor utamanya karena kondisi dan kedaan grografis wilayah Indonesia yang tidak rata dan dikeliling gunung-gunung serta gedung-gedung pencakar langit. Namun sayang hal ini tidak dijelaskan secara gamblang oleh sebagian provider nakal, dimana mereka mengumbar janji koneksi tercepat pada setiap iklan promosinya akan tetapi pada kenyataannya memang tidak bisa seperti itu.

Dilihat pada keumumannya koneksi jaringan yang disediakan oleh Android biasanya hanya memberikan pengaturan pilihan koneksi sebagai berikut :

  • LTE/3G/2G (Sambungan Otomatis)
  • 3G/2G (Samungan Otomatis)
  • WCDMA/3G ONLY
  • GSM/2G ONLY

Bisa dilihat bahwa tidak ada pilihan untuk LTE ONLY, jika tidak dikunci maka jaringan akan turun naik dari 3G ke 4G atau sebaliknya. Namun jika menggunakan LTE ONLY, jaringan 4G nya akan stabil tidak akan turun. Berikut adalah cara untuk mengunci jaringan 4G/LTE ONLY.

CARA PERTAMA

1. Buka aplikasi telepon pada android anda, kemudian masukan kode dial *#*#4636#*#*. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu “Pengujian” seperti dibawah ini.

2. Selanjutnya pilih “Informasi Perangkat/Informasi telepon” Scroll ke bawah dan temukan “Set preferred network type” kemudian pilih “LTE only3. Kemudian Kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G nya muncul.

CARA KEDUA

1. Sama seperti sebelumnya buka aplikasi telepon pada android anda, kemudian masukan kode dial *#*#3646633#*#*. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu tersembunyi android “Engineer Mode“.2. Selanjutnya pilih “Network Selecting“, terdapat beberapa pilihan jaringan yang bisa digunakan kemudian Pilihlah “LTE ONLY“.3. Tunggulah beberapa saat sampai jaringan 4G nya muncul.

Untuk menerapkan 2 cara diatas, pastikan HP android anda sudah mendukung 4G. Demikianlah cara mengunci jaringan 4G pada android, Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.