edit background photoshop

Cara Edit Background Foto dengan Photoshop

By | Update Terakhir : March 10, 2017

edit background photoshop

Cara Edit Background Foto. Photoshop (PS) adalah salah satu aplikasi/software desain grafis yang paling populer dan sering digunakan untuk mengedit foto dari sekian banyak aplikasi pengedit foto.

Photoshop memiliki banyak fitur lengkap yang menunjang untuk melakukan pengeditan foto.Biasanya para photografer sering menggunakan photoshop untuk mengedit foto hasil jepretannya agar terlihat lebih indah, mulai dari memberikan efek warna, memblurkan latar atau pun mengganti background foto.

Cara Mudah Edit Background Foto dengan Photoshop

Mengganti Background foto sering dilakukan seseorang atau pun photografer untuk lebih memperindah fotonya atau pun hanya sekedar iseng agar terlihat lebih keren.walaupun biasanya mengganti background foto sering dilakukan untuk foto wisuda, foto prewedding, maupun foto dengan momen penting lainnya.

Untuk edit atau mengganti background foto yang kita inginkan dengan adobe photoshop:

  1. Siapkan foto yang ingin anda edit backgroundnya agar terlihat lebih keren. kemudian siapkan juga foto background yang anda inginkan. Bisa anda cari di google foto background pemandangan yang menarik agar terlihat keren. Dibawah ini adalah contoh foto teman saya sendiri yang ingin diganti backgroundnya. Pertama-tama buka photoshop kemudian open fotonya.

    background file

    Image: buka file foto

  2. Kemudian tekan CTRL + J pada keyboard untuk membuat layer baru dan buka foto background yang ingin di pakai seperti dibawah ini.

    Layer Baru

    Image: Layer Baru

  3. Setelah membuka foto yang akan dijadikan background, lakukan seleksi gambar atau objek pada foto anda dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool seperti di bawah ini.

    laso tool

    Image: laso tool

  4. Sebelum melakukan seleksi dengan Polygonal Lasso Tool, agar lebih mudah dan terlihat jelas dalam melakukan seleksi ubah zoom menjadi 200% .

    zoom laso tool

    Image: zoom laso tool

  5. Lakukan seleksi pada bagian yang pentingnya saja seperti dibawah ini dengan rapi dan teliti agar terlihat bagus.

    teliti kerapihan

    Image: teliti kerapihan

  6. Jika sudah melakukan seleksi objek, maka buat layer baru dengan CTRL + J dan akan terlihat seperti ini. Jika ada bagian yang belum terseleksi atau harus dibuang maka lakukan kembali lakukan seleksi kemudian tekan delete pada keyboard untuk membuang bagian yang tidak perlu tersebut. dan hasilnya akan seperti dibawah ini.

    seleksi foto

    Image: seleksi foto

  7. Pindahkan gambar hasil seleksi tersebut ke gambar atau foto yang sudah di buka tadi dengan cara men-drag gambar hasil seleksi tersebut sehingga menjadi seperti ini dibawah ini kemudian klik Rectangular Marquee Tool.

    marque tool

    Image: marque tool

  8. Klik kanan pada gambar tersebut lalu klik Free Transform.

    free transform

    Image: free transform

  9. Atur ukuran objek tersebut dan sesuaikan penempatannya agar terlihat bagus dan terlihat cocok seperti dibawah ini.

    atur ukuran objek

    Image: atur ukuran objek

  10. Kemudian tekan Enter jika sudah dirasa cocok, maka akan jadi seperti ini.

    hasil akhir

    Image: hasil akhir

Sampai disini anda sudah berhasil untuk mengganti background. Namun perlu di ingat bahwa untuk mengganti background dengan mudah tanpa banyak editan efek warna, gunakanlah atau cari background yang sesuai dari warna dan cahaya foto tersebut. Demikianlah ulasan mengenai cara mudah mengganti background foto dengan photoshop ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.