mengatasi baterai drop

Cara Mengatasi Baterai Android Ngedrop

By | Update Terakhir : March 10, 2017

mengatasi baterai drop

Cara Mengatasi Baterai Android Ngedrop. Baterai adalah salah satu bagian terpenting yang ada pada berbagai macam perangkat elektronik portable masa kini, seperti laptop, smartphone, kamera digital dan lain-lain. Tanpa sebuah baterai, perangkat elektronik portable tidak akan bisa hidup atau berjalan. Akan tetapi ada masalah yang sering dihadapi oleh sebuah baterai khususnya baterai pada smartphone android yaitu mudah “ngedrop” alias energi baterai mudah habis.

Kualitas Baterai

Apalagi perangkat android yang usianya sudah diatas satu tahun. Penurunan kapasitas baterai bisa dipengaruhi oleh kualitas baterai atau bisa juga karena terdapat kerusakan pada sistem perangkat android anda. Salah satu ciri kerusakan sistem pada perangkat android adalah ketika baterai mudah penuh saat proses charging dan mudah habis ketika digunakan bahkan tanpa digunakan.

Misalnya, pada pengisian normal untuk 2 jam, tetapi indikator baterai saat diisi 30 menit sudah menunjukan tanda penuh, dengan ciri ini berarti  sistem pengaturan baterai mengalami kerusakan. Kerusakan sistem ini adalah tampilan widget tidak sama dengan kapasitas yang ada pada baterai.

Cara Mengatasi Baterai Android Ngedrop

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode kalibrasi. kalibrasi adalah metode untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai smartphone Android agar kembali seperti sedia kala.

Ada beberapa cara untuk melakukan kalibrasi antara lain menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau me-root smartphone. Tetapi, ada satu langkah mudah yang bisa di lakukan untuk mengkalibrasi smartphone tanpa harus susah payah mengunduh aplikasi dan root. Berikut ini adalah cara mengatasi baterai android yang ngedrop dengan metode kalibrasi :

1. Kosongkan isi baterai

Langkah pertama yang dilakukan adalah menguras terlebih dahulu energi baterai dengan cara digunakan secara terus menerus hingga habis. Bisa digunakan untuk memutar musik, video atau bermain game hingga daya habis dan mati sendiri.

2. Isi baterai dalam keadaaan mati

Ketika daya baterai sudah habis total, maka charger kembali dalam keadaan mati hingga daya baterai terisi penuh. Jika sudah mencapai 100% maka hidupkan kembali.

3. Isi baterai dalam keadaan hidup

Setelah dihidupkan kembali, tetap isi kembali baterai tersebut dalam keadaan hidup hingga terisi penuh dan menunjukan 100%.

4. Isi kembali baterai dalam keadaan mati

Setelah melewati tiga proses sebelumnya dan daya baterai sudah terisi 100% , kemudian matikan kembali dan isi kembali baterai dalam keadaan mati.

5. Hidupkan kembali Hp

Ketika sudah melewati 4 tahapan diatas hidupkan kembali Hp. Gunakan perangkat android anda seperti biasanya hingga daya baterai kembali habis dan lakukan pengisian ulang lagi dengan baik. Sampai disini proses kalibrasi sudah selesai dan baterai akan kembali normal seperti sedia kala. Anda juga bisa mengulangi cara ini jika baterai kembali ngedrop.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi baterai android ngedrop. perlu diketahui bila cara ini mungkin tidak akan bekerja pada s baterai yang sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan secara fisik, seperti mengembung dan sebagainya.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.