Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

By | Update Terakhir : March 11, 2017

Internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi pengguna smartphone android, selain digunakan untuk chattingan bbm, WA, Line dan lain-lain, internet juga sering digunakan untuk browsing dan download data. Akan tetapi terkadang internet yang kita gunakan berjalan lambat dan membuat kita kesal saat sedang browsingan atau sedang mendowload.

Ada beberapa faktor yang membuat koneksi internet android anda menjadi lemot atau lambat. Diantarnya adalah Kurangnya jangkauan sinyal di tempat tinggal anda sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet android yang anda miliki, Terlalu banyak aplikasi berbasis online di perangkat android anda, dan Smartphone android anda yang lemot kinerjanya juga berpengaruh terhadap koneksi internet.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Untuk bisa mengatasi beberapa faktor yang memperngaruhi, perlu dilakukan beberapa cara agar internet pada android yang anda miliki bisa cepat kinerjanya. Berikut adalah tips atau cara menambah kinerja internet android :

1. Gunakan Browser Tercepat dan Ringan

Ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet. Browser tercepat yang bisa anda pakai saat ini adalah Opera mini. Browser tersebut sudah terbukti cepat dan ringan untuk digunakan. Browser tersebut tidak langsung menanggapi permintaan saat digunakan browsing.

Image : Opera mini

Setiap permintaan akan dilewatkan melalui server terlebih dulu untuk dikompres agar ukuran file menjadi lebih kecil, Setelah itu baru dikirimkan ke perangkat selular. Metode kompress ini merupakan sebuah cara untuk mempercepat pengiriman data dan tentunya akan mempercepat koneksi internet android anda. Selain itu, kuota data anda akan menjadi lebih hemat.

2. Pilih Paket Internet Terbaik di Daerah Anda

Ini merupakan hal yang penting seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kurangnya jangkauan sinyal sangat mempengaruhi kecepatan internet anda. Anda harus kenali terlebih dahulu tentang jangkauan sinyal di daerah anda agar anda bisa memilih operator seluler dan paket internet terbaik di daerah anda. caranya anda bisa cek disini cara cek jaringan sinyal 4G.

Image : Operator seluler

Ada hal yang harus di ingat Setelah anda menemukan operator seluler dan paket terbaik di tempat tinggal anda, yaitu tak semua bagian dalam ruangan rumah anda memiliki kualitas sinyal yang sama apalagi jika rumah anda jauh dari kota atau pancaran tower. cari bagian yang paling bagus dalam menjangkau sinyal misalnya di ruang tamu, di teras rumah, di kamar, di dapur atau bahkan di kamar mandi.

3. Non Aktifkan Auto Sync Dan Data Latar Belakang Pada Android

Banyak aplikasi seperti BBm, Line WA, Gmail,Facebook Messenger,dan Instagram terus mengakses internet di latar belakang yang pada akhirnya membuat koneksi internet jadi lambat. Aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut dapat mengurangi kecepatan download dan juga browsing. Coba anda bayangkan, jika satu buah motor di kendarai oleh lebih dari 2 orang, otomatis motor tersebut akan berjalan lebih lambat dari biasanya.

Idealnya jika saat melakukan browsing tetapi aplikasi lain yang tidak di gunakan juga memakai koneksi internet, apakah kita bisa browsing dengan cepat? Tentu saja tidak. Karena terlalu banyak aplikasi yang juga memakai koneksi internet android kita. Oleh karena itu, jika anda ingin mempercepat koneksi internet android, anda harus mematikan auto sync dan data latar belakang tersebut.

Image: Auto Sync

Image: Dara Latar Belakang

Untuk menonaktifkan Auto sync dan data latar belakang anda harus ke menu pengaturan. Pengaturan setiap android bisa berbeda beda jadi silahkan anda bisa cari sendiri pengaturan tersebut di android anda. Jika anda melakukan  ketiga cara cara diatas mulai dari pilih browser tercepat, pilih paket internet terbaik, dan menonaktifkan auto sync maka internet pada android anda akan meningkat kecepatannya saat browsing ataupun saat sedang mendownload.

Namun, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu kinerja HP android anda apakah cepat atau lambat? jika lambat anda bisa mencoba cara mengatasi hp android yang lambat. Demikianlah ulasan mengenai cara mempercepat koneksi internet android.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.