aplikasi android

Cara Mematikan/Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android

By | Update Terakhir : March 10, 2017

aplikasi android

Cara Mematikan/Menonaktifkan Update Otomatis. Android menjadi sistem operasi perangkat mobile smartphone yang sangat kaya akan aplikasi-aplikasi. Banyak developer dari seluruh dunia membuat aplikasi untuk perangkat Android. Minat developer sangat tinggi karena pengguna perangkat Android semakin hari juga semakin berkembang pesat. Bahkan saat ini ribuan perangkat Android selalu diaktifkan setiap harinya.

Aplikasi Android

Bicara soal aplikasi Android, pastinya pengguna perangkat android ini kerap menemukan pemberitahuan update aplikasi  dan kemudian aplikasi tersebut langsung update/memperbarui secara otomatis tanpa izin dari penggunanya.

Fitur Update Aplikasi Android

Fitur update otomatis/auto-update adalah salah satu fitur yang ada pada aplikasi Google Play Store. Secara default, android akan meng-enablekan fitur auto-update sehingga setiap ada versi terbaru dari aplikasi atau game yang terinstal pada smartphone, maka aplikasi atau game tersebut akan secara otomatis terupdate jika smartphone terhubung dengan koneksi internet.

Hal tersebut tak jarang mengganggu pengguna Android karena selain membuat internet dan kinerja perangkat menjadi lelet ataupun lemot, juga sangat banyak menghabiskan kouta paket data. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Caranya adalah dengan mematikan sistem update otomatisnya.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android

Untuk mematikan atau menonaktifkan fitur update otomatis aplikasi pada android:

  1. Pertama-tama silahkan masuk ke aplikasi Google Play Store

    playstore apps

    Image: playstore apps

  2. Di halaman depan Google Play Store, lakukan tap pada tombol baris menu yang berbentuk 3 baris horizontal yang terletak pada pojok kiri atas play store. Setelah  melakukan tap, maka daftar menu akan terbuka kemudian silahkan pilih Setelan.

    games apps

    Image: games and apps

  3. Daftar menu dalam Settings akan muncul, dari sini silahkan lakukkan tap pada “perbarui aplikasi secara otomatis”.

    storeapp settings

    Image: app settings

  4. ada 3 pilihan yang akan muncul yaitu jangan perbarui aplikasi secara otomatis, perbarui secara otomatis kapan saja mungkin dikenakan biaya data, dan perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui wifi. disini kita bebas memilih, tapi agar tidak boros kuota internet pilihlah yang “jangan perbarui aplikasi secara otomatis”.

    update apps

    Image: update apps

Demikianlah ulasan mengenai cara mematikan update otomatis aplikasi android. Dengan mematikan update otomatis aplikasi pada android, maka semua aplikasi android tidak akan di update secara otomatis, tetapi kita juga bisa meng-update aplikasi yang di inginkan secara manual di google playstore.

rating offrating offrating offrating offrating off (No Ratings Yet)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.