robot aiko

5 Robot Humanoid Cantik

By | Update Terakhir : March 9, 2017

Robot berbentuk manusia atau Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas.

Beberapa robot humanoid juga memiliki wajah, lengkap dengan mata dan mulut. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia. Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid.

Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.

Berikut ini adalah 5 robot humanoid cantik asal jepang yang dapat membantu pekerjaan manusia:

1. Simroid

simroidd

Image: simroidd

Orang sering enggan ke dokter gigi karena takut sakit saat giginya dicabut. Karena itu, seorang dokter gigi dituntut peka terhadap rasa sakit pasien. Sebuah robot yang bisa mengekspresikan rasa sakit pun dijadikan alat latihan. Robot bernama Simroid ini menyerupai wanita muda yang menarik, berambut panjang serta mempunyai tinggi 160 cm. Kemampuannya, dapat mendengarkan instruksi serta memberi bereaksi dengan suara, gerakkan mata serta tangannya.

Simroid sengaja dirancang untuk latihan praktek di sekolah kedokteran gigi. Ia dapat menunjukkan ekspresi ketidaknyamanan dengan mengerutkan dahi ketika tengah dilakukan praktek. Bahkan hebatnya lagi, Simroid juga mampu bilang ‘itu sakit’ dan berteriak ‘ouw’ ketika bor sang dokter gigi mengenai sarafnya.

“Robot ini begitu hidup, sehingga calon dokter gigi dapat belajar memahami perasaan pasien dan berusaha meningkatkan keahliannya serta memperlakukan pasien secara manusiawi,” ujar Tatsuo Matsuzaki, dari perusahaan pembuat robot Kokoro.

2. Aiko

robot aiko

Image: robot aiko

Manusia suatu saat diramalkan bakal memadu kasih dengan robot. Saat ini pun ternyata sudah ada ilmuwan yang menciptakan robot berwujud wanita cantik jelita yang dijadikan pendamping hidupnya. Le Trung, ilmuwan tersebut, menghabiskan biaya 14.000 poundsterling untuk menciptakan robot bernama Aiko. Trung yang tinggal di Kanada mengaku tak punya waktu mencari pacar sehingga dia mendesain robot sebagai pendampingnya.

Demi mewujudkan robot idamannya, mantan programmer software ini rela berhutang, menjual mobil dan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan Aiko. Sekarang, ia sedang mencari sponsor agar Aiko semakin hebat kemampuannya. Tak sekadar cantik wujudnya, Aiko memang telah dibekali berbagai kemampuan.

Misalnya saja, Aiko bisa berbahasa Inggris dan Jepang serta mengerjakan soal matematika. “Aiko adalah paduan ilmu dan kecantikan. Saya ingin membuatnya semirip mungkin dengan manusia sehingga bisa jadi pasangan yang sempurna,” tutur Trung. Trung mengklaim bahwa Aiko bisa memahami dan mengatakan 13.000 kalimat dalam bahasa Inggris dan Jepang.

3. Saya

robot humanoid

Image: robot humanoid saya

Inilah hasil penelitian selama 15 tahun yang dilakukan oleh Professor Hirohi Kobayashi dari Tokyo University. Robot yang dinamakan “Saya” ini didaulat mengerjakan tugas-tugas yang biasa dipegang sekretaris. Banyak hal yang sebenarnya “Saya” bisa lakukan selain menjadi seorang sekretaris. Dia bisa menjadi seorang guru, atau bisa juga bekerja sebagai resepsionis dengan didukung kemampuan multibahasa-nya.

Bagi yang ingin menghemat pengeluaran untuk karyawan, “Saya” yang diciptakan menyerupai bentuk dan muka layaknya seorang wanita bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Kini, robot yang dapat menirukan berbagai ekspresi manusia tersebut sedang menjalankan tugasnya sebagai resepsionis di Tokyo University. Dengan tampilannya yang catchy karena dibalut busana berkerah warna kuning, “Saya” yang tak kalah seksi siap menyapa tamu-tamu yang datang.

4. HRP-4C

robot hrp

Image: robot hrp

Kembali Jepang meluncurkan robot canggihnya yang membuat kagum dunia. Para peneliti di negeri Sakura itu kini memamerkan sebuah robot cantik yang bakal lenggak lenggok di catwalk layaknya supermodel. Sebelumnya sudah ada cikal bakal robot semacam ini. Namun saat itu, bentuknya belum terlalu sempurna untuk berperan sebagai peragawati. Beda halnya dengan robot terbaru ini.

Tidak saja bisa berbicara menyapa para hadirin, robot cantik bernama HRP-4C tersebut juga diprogram sedemikian rupa sehingga gerak gerik tubuhnya mirip dengan model manusia sungguhan. Saat ditampilkan pada khayalak di Tokyo, sang robot tampil dengan senyum mempesona. Bahkan ia nantinya akan tampil juga di sesi khusus perhelatan busana Tokyo fashion show.

Dengan tinggi sekitar 158 cm, fisik HRP-4C mirip dengan perawakan wanita Jepang pada umumnya. Menurut para pembuatnya, bentuk si robot terinspirasi dari karakter di komik manga. Dikembangkan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, pengembangan benda canggih itu memakan biaya sampai US$ 2 juta

5. Geminoid

geminoid

Image: geminoid

Sebuah toko di Jepang memajang robot untuk menyapa para pengunjung. Robot ini dibuat dengan wujud wanita berparas cantik. Geminoid, demikian namanya. Robot tersebut dipajang di etalase dalam posisi duduk, tampaknya sedang menanti seseorang. Dia membawa tas dan memegang ponsel. “Android sedang jatuh cinta. Dia menunggu Anda,” demikian tulisan di samping Geminoid. Ia dipajang di depan Takashimaya Department Store di distrik Shinjuku.

Geminoid dikembangkan oleh profesor Hiroshi Ishiguro dan para rekannya di Osaka University. Dia terlihat sebagai wanita rupawan berusia sekitar 20 tahun yang digambarkan tengah menanti cintanya. Di sektor teknologi, Geminoid memiliki sensor dan dapat menanggapi keadaan di sekitarnya. Dia dapat menggerakkan lengan dan lehernya, serta dapat mengubah ekspresi wajah.

Penggunaan robot untuk menyapa pengunjung toko dipandang akan umum di masa depan. Sebab lebih praktis dan menarik. Geminoid memang masih terbatas kemampuannya, akan tetapi dia akan makin pintar di masa mendatang. Demikianlah 5 robot humanoid cantik yang dapat menggantikan pekerjaan manusia. Dan bukan tak mungkin dimasa depan manusia akan hidup saling berdampingan dengan robot-robot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.